Diguyur Hujan Deras, Lima Perumahan di Tangsel Terendam Banjir

Avatar photo
Lima perumahan terendam banjir akibat hujan deras di Ciputat dan Pamulang Tangerang Selatan pada Rabu, 6 Desember 2023 (dok:BantenNet)

BantenNet, TANGERANG SELATAN – Sedikitnya ada lima perumahan yang terendam banjir akibat hujan deras pada Rabu, 6 Desember 2023.

Kepala Bidang (Kabid) kedaruratan Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan (Tangsel), M Faridzal Gumay, menyebut pada pukul 18.02 WIB, hujan deras itu menyebabkan banjir dengan ketinggian mencapai 60 sentimeter (cm).

“Ada lima perumahan yang terendam banjir di Pamulang dan Ciputat. Ketinggian air bahkan ada yang mencapai 60 cm,” katanya. Ditulis, Kamis 7 Desember 2023.

Menurutnya, banjir yang melanda sejumlah perumahan disebabkan curah hujan yang tinggi serta luapan kali dan drainase yang kurang berfungsi untuk mengalirkan air hujan.

“Adanya tanggul kali yang sedang diperbaiki sehingga air meluap ke perumahan warga. Ada juga karena saluran drainase,” ungkapnya.

Adapun lima perumahan yang terendam banjir pada Kamis petang :

1. Perum BPI RW 04 Pamulang Timur
Tinggi muka air (TMA): 25 cm Terdampak: 60 Kepala Keluarga (KK). Penyebab: Curah hujan deras dan kontur perumahan yang rendah cekungan

2. Perumahan Lembah Pinus, Pamulang Barat Tinggi muka air (TMA): 20 cm hingga 40 cm Terdampak: 98 Kepala Keluarga (KK). Penyebab: curah hujan deras dan danya tanggul kali yang sedang diperbaiki sehingga meluap ke perumahan warga

3. Perum Reni Jaya, Blok AC, RW 17, Pamulang Barat Tinggi muka air (TMA): 30 cm hingga 50 cm Terdampak: 80 Kepala Keluarga (KK). Penyebab: curah hujan deras dan kontur perumahan yang rendah dan pinggir kali.

4. Perumahan Rosewood garden Kelurahan Serua, Ciputat Tinggi muka air (TMA): 20 cm hingga 40 cm Terdampak: 60 Kepala Keluarga (KK). Penyebab: curah hujan deras dan ada perbaikan tanggul kali.

5. Perum Pamulang Asri 2, RW 09 Kelurahan Serua Indah, Ciputat Tinggi muka air (TMA): 40 cm hingga 60 cm Terdampak: 120 Kepala Keluarga (KK) Penyebab: luapan air dari saluran drainase.

 

> ris