Dishub Optimis Target PAD Sektor PKB Tahun 2023 Tercapai

Avatar photo
Dishub optimistis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor PKB capai Rp3,9 miliar (dok: BantenNet)

BantenNet , KABUPATEN TANGERANG – Dishub optimistis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor PKB tercapai sesuai yang telah ditentukan, target pendapatan dari retribusi uji KIR atau Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Tahun 2023 sebesar Rp3,9 miliar, Rabu (15/03/2023).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelola Pelaksana Teknis Perhubungan (PPTP) Rully Ramadhan menjelaskan, retribusi yang dicapai akan melebihi target pada tahun 2023 ini. Salah satu indikatornya karena ada upaya untuk terus meningkatkan pelayanan pengujian kendaraan bermotor baik dari aspek administrasi maupun teknis.

“Target retribusi PKB selalu meningkat, pada anggaran tahun 2022 ditargetkan sebesar Rp3,2 miliar sementara pendapatan yang masuk melebihi target capaiannya,” ujar Kepala UPTD PPTP Rully Ramadhan.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan Dishub agar tahun ini mencapai target yaitu melakukan pembayaran secara virtual atau online, memelihara dan melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana, memberikan himbauan kepada pemilik angkutan, berkoordinasi dengan bidang lalu lintas serta melakukan inspeksi kendaraan yang membawa angkutan.

“Usaha dan kerja keras Dinas Perhubungan ini merupakan upaya agar PAD di Kabupaten Tangerang semakin bertambah dan meningkatkan pelayanan yang saat ini ada di Dishub,” ucap Rully Ramadhan.

Saat ini pelayanan uji KIR masih harus dibatasi. Dishub hanya menargetkan 150 hingga 200 kendaraan bermotor per hari. Jika tidak dibatasi, bisa mencapai 350 kendaraan per hari.

Sebagian besar kendaraan yang melakukan uji KIR didominasi kendaraan uji berkala. Namun, kendaraan yang numpang uji atau mutasi uji juga banyak.

“Kuota kita batasi, karena lahan dan lajur uji disini belum cukup untuk menampung kendaraan sebanyak itu, Mungkin nanti ketika unit pengujian kendaraan bermotor di Legok sudah beroperasi kuota kendaraan akan di bagi dua tempat dan bisa menampung kendaraan hingga 350 kendaraan lebih perharinya,” lanjut Rully Ramadhan.

Dishub berharap bisa terus meningkatkan pelayanan KIR, salah satunya dengan penambahan unit pelayanan KIR di Legok agar dapat menampung kendaraan bermotor wajib uji secara optimal.

> ynr