Mendeteksi Bunyi Aneh Pada Mobil dan Penyebabnya

Avatar photo

BantenNet, OTOMOTIF – Bunyi-bunyian yang tidak biasa pada mobil mungkin sesuatu yang kurang nyaman dalam berkendara. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu atau bahkan berbahaya karena memungkinkan ada masalah serius dalam mobil Anda.

Pengemudi yang cenderung mengambil risiko, dari keausan dan kerusakan ban yang meningkat, suara bergemuruh, gemetar, dengungan atau denting dari mobil yang bahkan tidak Anda sadari.

Mendeteksi Bunyi Aneh Pada Mobil

Perlu waspada pada suara-suara berikut ini yang keluar dari kendaraan, mungkin mampu melepaskan sesuatu yang membuat kendaraan Anda tidak berjalan:

1. Mendengung

Anda merasakan suara berdengung saat berkendara di jalan licin? Diduga adalah profil dari tapak ban, profil gigi membuat suara itu. Penyebabnya mungkin shock absorber sudah usang.

2. Berkeletak

Alasan utama di balik suara berkeletak mungkin poros penggerak, terletak antara gearbox dan roda. Agar terhubung menjadi fleksibel bersama roda, roda harus berputar saat dijalankan. Sayangnya, pengaturan karet di sekitar akan merusak dengan cepat atau lambat. Minyak mungkin habis terpakai dan harus segera diganti.

3. Retak

Anda merasakan suara retak ketika mengemudi? Pelakunya adalah pedal pada suspensi. Kawat baja dengan tebal 1-2 sentimeter dan kenyal memiliki kecenderungan untuk cepat rusak. Untuk mendeteksi masalah ini adalah dengan mengangkat dan mengganti ban.

4. Berderak

Suara berderak mungkin terjadi ketika sistem pembuangan longgar, juga ketika berada di sedikit kontak dengan bagian lain dari mobil, misalnya bantalan rem atau kaliper yang hancur.

5. Bergemuruh

Jika Anda sering mengalami ini ketika sedang mengemudi di jalan yang berbatu, kemungkinan penyebabnya adalah kopling dan yang gemuruh di sini adalah bantalan kopling sudah usang.

6. Mengikis

Suara seperti ranting pohon yang bergesekan dengan ban Anda, rem tangan atau pedal rem mobil Anda mungkin sudah sangat usang. Coba lihat bagian bawah pada kendaraan Anda terlebih dahulu.

7. Menjerit

Suara memekik seperti menjerit dalam mobil berasal dari tali kipas pada mesin atau rem. Tali kipas bisa rendah saat mengganti rem atau sering berteriak saat melakukan kesalahan pada kendaraan atau ketika bantalan yang dikenakan pada tingkat yang dan “Peringatan Sensor” berteriak untuk memberitahu saatnya memperbaiki rem Anda sekarang.

8. Gemetar

Jika Anda berpikir ada sensasi gemetar/getaran saat mengoperasikan kemudi, adalah mungkin bahwa ban Anda tidak seimbang dengan benar. Bengkel akan mengurusnya dengan bantuan mesin penyeimbang.

9. Mendesing

Suara mendesing datang dari dekat tangki bensin bisa berarti bahwa pompa bahan bakar mulai habis, yang bisa sangat mahal untuk diperbaiki apabila rusak. jangan biarkan tangki bahan bakar Anda pergi di bawah seperempat dari isi tangki untuk menjaga pompa bahan bakar tetap stabil dan terlumasi.

 

Jangan abaikan ‘pesan rahasia’ mobil Anda. Lebih baik mengunjungi bengkel terdekat untuk klarifikasi,mencegah dari kerusakan kendaraan kesayangan Anda.