Pj Bupati Tangerang Resmikan Cluster Benih dan Panen Jagung di Cisauk

Avatar photo
Pj Bupati Tangerang Saat Resmikan Cluster Benih dan Panen Jagung di Cisauk Selasa 27 Pebruari 2024,(dok:BantenNet)

BantenNet, KABUPATEN TANGERANG – Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony panen jagung hibrida di lahan seluas 9 hektare dan meresmikan cluster benih jagung di Desa Dangdang, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Selasa (27/2/24).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengatakan panen jagung hibrida dan peresmian cluster benih jagung tersebut merupakan hasil sistem pertanian terpadu berbasis jagung hibrida oleh kelompok Tani Harapan Maju 2 Desa Dangdang, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah bersama-sama kita menyaksikan keberhasilan pengembangan sistem pengelolaan pertanian terpadu. Panen jagung dan peresmian cluster benih jagung ini menjadikan tonggak kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Tangerang dan langkah maju untuk meningkatkan kualitas hasil panen dan memperkuat daya saing produk pertanian,” kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony.

Menurut dia, panen jagung di lahan sekitar 9 hektare tersebut dapat menghasilkan sebanyak 11 ton tongkolan per hektare. Dia mengapresiasi kerja keras dan dedikasi para petani yang tergabung dalam kelompok tani Harapan Maju yang bekerja sama dengan Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ). Dia berharap cluster benih jagung yang diresmikan juga bisa menjadi pusat inovasi dan informasi penelitian budidaya jagung bagi masyarakat luas.

“Saya berharap cluster benih jagung ini ditujukan tidak hanya untuk menjadi pusat inovasi dan penelitian tetapi juga menjadi tempat untuk berbagi pengetahuan teknologi, praktek terbaik dalam budidaya jagung,” ungkapnya

Pj Bupati Tangerang Andi Ony berharap keberhasilan yang ditorehkan kelompok tani Harapan Maju bersama mitranya bisa memacu semangat pihak lain untuk memanfaatkan lahan yang belum dipakai untuk diolah menjadi lahan pertanian yang lebih produktif dan menguntungkan.

“Mudah-mudahan ini menjadi ridho Allah SWT untuk kita. Bisa menggugah semangat kita semua untuk mengembangkan dan memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi lahan pertanian produktif dan menguntungkan,” ucapnya

Sekjen Masyarakat Agribisnis Jagung (MAJ) Diah Indarti mengungkapkan, panen jagung dan peresmian cluster benih jagung di Desa Dangdang Kecamatan Cisauk merupakan swadaya dari MAJ dan kelompok tani yang bertujuan ingin memberikan motivasi kepada para petani khususnya yang ada di Kabupaten Tangerang dan Provinsi Banten pada umumnya.

“Kami tentunya sebagai warga Banten ingin juga menjadi bagian terpenting dalam kontribusi pangan terutama komoditi jagung, di mana saat ini kita bisa lihat bahwa 60% pabrik perusahaan pakan ternak ada di Provinsi Banten,” jelas Diah

Lanjut dia, jagung yang dibudidayakan adalah jagung hybrida dengan varietas syngenta NK212 yang bisa dipanen dalam bentuk tongkolan saat berumur 120 hari.

> ldn/diskominfo