Soal Kecelakaan Kerja Kuli Bangunan, YLPK PERARI Kita Punya Hati Nurani

Avatar photo
Ilustrasi Kecelakaan Kerja

BantenNet, KOTA TANGERANG – Pasca kejadian kecelakaan kerja yang dialami tiga buruh kuli bangunan saat pengerjaan pemasangan turap batu kali di kampung Kebon Kelapa RT. 20/04 Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang, 27 Oktober 2023 lalu, kini para keluarga korban memberikan kuasa hukumnya kepada YLPK PERARI untuk bisa mendapatkan keadilan yang terbaik untuk mereka.

Surat kuasa yang ditandatangani oleh para keluarga korban kepada YLPK PERARI bernomor 128/SK/KHUSUS/YLPK PERARI/DPP/BTN/XI/2023, menjelaskan bahwa dari tiga korban kecelakaan kerja salah satunya telah meninggal dunia saat dalam perawatan medis usai kecelakaan kerja tersebut.

” Hati nurani kita (YLPK PERARI) tersentuh untuk membantu para keluarga korban pekerja dalam mendapatkan keadilan kepastian hukum atas musibah yang sudah dialami mereka,” ujar Sennyka Ernawati SH salah satu penerima kuasa atas keluarga korban, Kamis, 30 November 2023.

Wanita tangguh, berprofesi sebagai pengacara yang tergabung di kepengurusan YLPK PERARI, Sennyka Ernawati menambahkan jika hak para korban pekerja tidak di penuhi dalam perundang-undangan ketenagakerjaan oleh Dinas Pekerja Umum kota Tangerang sebagai penyelenggara pada proyek turap pemasangan batu kali yang memakan korban jiwa serta luka serius pada pekerja lainnya segera digugat Pemkot Tangerang ke persidangan baik pidana ataupun perdata nantinya.

” Berdasarkan Pasal 5 Ayat (2) Undang-undang Republik Indonesia nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dimana setiap orang berhak mendapatkan bantuan dan perlindungan yang adil dari pengadilan yang obyektif dan tidak berpihak,” tegasnya.

Senada juga di sampaikan Hefi Irawan SH selaku ketua umum YLPK PERARI menjelaskan bahwa berdirinya YLPK ini berdasarkan hati nurani sejatinya untuk membantu banyak masyarakat di Indonesia yang menjadi korban sebagai konsumen yang dirugikan banyak pihak perusahaan dan juga para korban pekerja yang tidak mendapatkan keadilan atas usahanya.

” Kami (YLPK PERARI) siap melayani dan membantu para keluarga korban pekerja asal Brebes Jawa Tengah ini yang bekerja di Tangerang, Banten, InsyaAllah mereka akan mendapatkan hak nya sesuai perundangan-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, tercinta ini,” ujar Hefi.

Sedianya, Tb selaku pelaksana atas pekerjaan pemasangan turap batu kali di Pasir Jaya membenarkan atas peristiwa yang menimpa para pekerjanya saat di konfirmasi oleh media ini.

” Benar pak, peristiwanya sudah lama dan kami (Pihak CV.red) telah maksimal berusaha untuk membawa para korban kecelakaan kerja ke sejumlah Rumah Sakit, satu meninggal saat beberapa hari dalam proses penyembuhan dan dua korban lainnya Alhamdulilah masih dalam tahap penyembuhan hingga kini,” tutup TB.

 

> ldn